BAURAN PEMASARAN ITU APAAN SIH?

Bauran pemasaran atau marketing mix ini adalah bauran atau campuran dari empat unsur penting dalam marketing. Bauran pemasaran ini sangat penting untuk mengetahui posisi brand Anda di market. Lalu apa saja unsurnya?

Bauran pemasaran terdiri dari empat unsur pemasaran atau yang sering disebut 4P, yaitu: Product, Price (harga), Place (distribusi) dan Promotion (promosi/branding). Bauran pemasaran ini membantu Anda untuk mendefinisikan pemasaran Anda, berdasarkan 4 unsur tadi.

Bagaimana produk Anda di market, diterima atau tidak? Bagaimana dengan harganya, bersaing atau tidak? Bagaimana dengan distribusinya, kurang luas atau bagaimana? Bagaimana dengan branding, sudah dikenal atau belum?

Pertanyaan-pertanyaan itu masih bisa diperpanjang dan didetilkan lagi. Jadi Anda akan bisa mengetahui posisi produk Anda ada di mana. Dari sini Anda tahu apa yang harus dilakukan sehingga produk Anda bisa diterima konsumen.

bauran pemasaran

Sebelum lebih lanjut, ada satu pertanyaan mendasar yang perlu kita jawab. Sebenernya, apa sih pemasaran itu? Gak perlu teori yang belibet menjawabnya. Pemasaran itu simpel, Anda ‘hanya’ harus menempatkan produk yang tepat, di market yang tepat, di harga yang tepat, di waktu yang tepat, dengan cara promosi yang tepat.

Itu kan teorinya. Simpel. Sederhana saja. Tapi untuk mewujudkannya, perlu usaha keras, bro. Banyak yang harus Anda lakukan. Anda harus riset untuk lebih tahu keinginan konsumen, Anda harus cari tahu cara belanja konsumen, dan masih banyak lagi. Satu saja meleset, bisa jadi bencana.

Nah, bauran pemasaran ini bisa jadi poin di mana Anda memulai semua ini. Satu persatu unsur Anda analisis dan buat to do list yang harus Anda lakukan di setiap unsur. Kita bahas satu persatu ya.

PRODUCT/SERVICE DALAM BAURAN PEMASARAN

Dalam bauran pemasaran unsur produk ini, silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Kita fokus saja sama produk atau service kita. Jangan ngomong harga, distribusi dan promosi dulu ya.

Apa yang diinginkan konsumen terhadap produk atau jasa Anda? Apa yang membuat konsumen puas? Fitur seperti apa dalam produk atau jasa Anda yang berguna bagi konsumen? Apakah mengurangi fitur yang gak berguna bisa mengurangi cost produksi? Bagaimana dan di mana konsumen menggunakan produk Anda? Bagaimana seharusnya ukuran produk, warna produk, dan sebagainya menurut konsumen? Bagaimana produk Anda disebut oleh konsumen? Bagaimana dengan brand-nya? Apa yang membedakan dengan produk kompetitor? Berapa biaya produksi paling banyak tapi masih bisa dijual dengan menguntungkan? Dan masih banyak pertanyaan lainnya.

PRICE/HARGA

Unsur harga dalam bauran pemasaran juga perlu kita kulik demi meningkatnya penjualan. Ini hanya contoh pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk mengetahui posisi produk kita.

Apa nilai produk atau service Anda bagi konsumen? Berapa rupiah yang rela konsumen bayar untuk mendapatkan nilai tersebut? Apakah konsumen Anda sesitif dengan harga? Kalau harga turun sedikit, apakah signifikan dapat market share? Kalau harga naik sedikit, apakah signifikan dengan kenaikan profit?

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan dari unsur harga.

BACA JUGA : MEMBUAT VIDEO COMPANY PROFILE ITU WAJIB

PLACE/DISTRIBUSI DALAM BAURAN PEMASARAN

Unsur place atau distribusi dalam bauran pemasaran juga sangat krusial untuk penjualan Anda. Ini adalah sekedar contoh pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui posisi produk Anda dalam distribusinya.

Di mana konsumen mencari produk atau service Anda? Jika konsumen mencari di toko, toko seperti apa? Butik? Toko spesialis? Atau toko macam apa? Bagaimana Anda mengakses channel distribusi Anda yang benar? Apa Anda butuh sepasukan sales? Atau mungkin cukup pameran saja? Atau cukup di online saja? Atau hanya kirim sample ke perusahaan-perusahaan saja? Apa yang kompetitor lakukan dalam distribusi? Apa yang membedakan  Anda dengan kompetitor dalam masalah distribusi?

Dan masih banyak pertanyaan dalam bidang distribusi.

PROMOTION/BRANDING

Unsur promotion dalam bauran pemasaran ini dianggap sebagian orang sebagai esensi dari pemasaran itu sendiri. Ini adalah sekedar contoh pertanyaan-pertanyaan dalam bidang promosi atau komunikasi branding.

Di mana dan kapan Anda akan beriklan atau promosi? Apakah Anda mampu meraih audience target market Anda di tv, koran, radio atau billboard? Atau mungkin pakai cara direct email marketing? Atau mungkin lewat public relation? Atau dengan internet marketing? Kapan sebaiknya promosi? Apa ada market musiman bagi produk Anda? Atau mungkin ada waktu-waktu spesial di mana produk Anda sebaiknya digenjot promosinya?

Itu baru sebagian pertanyaan dari unsur promosi. Kalau Anda bingung dengan kegiatan promosi atau branding, Anda bisa meminta bantuan para profesional di bidang tersebut. Salah satunya adalah NUPIX. Setelah mendengarkan brief, para profesional ini akan membuat sebuah strategi komunikasi, sesuai apa yang ingin Anda capai dalam promosi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa hubungi NUPIX di 08179897961 (Faiz), atau email ke faiz@nupix.id, atau kunjungi websit NUPIX di sini.

BACA JUGA : FILM DRAMA UNTUK MENCERITAKAN PERUSAHAAN

Setelah kita tahu ke empat unsur dalam bauran pemasaran tersebut, yang harus kita ingat bahwa keempatnya adalah saling berhubungan. Anda tidak bisa hanya membangun salah satu saja dengan mengabaikan unsur yang lain. Ini adalah seni. Tidak ada rumus sukses yang pasti. Tapi Anda bisa mempelajari kesuksesan orang lain, kemudian memodifikasi sesuai kondisi produk dan market Anda.

Bauran pemasaran 4P ini hanyalah salah satu teori. Ada teori bauran pemasaran yang menggunakan 7P. Dari 4P ini kemudian ditambah people, process dan physical layout decision. Lain kali kita bahas di artikel lain ya.

CARA SIMPEL MENGGUNAKAN BAURAN PEMASARAN 4P

Bauran pemasaran ini bisa membantu memutuskan nilai apa yang Anda tawarkan dalam produk baru Anda ke market. Bauran pemasaran ini juga bisa digunakan untuk men-test strategi marketing Anda selama ini. Coba Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.) Mulailah mengidentifikasi produk atau jasa Anda yang ingin  dianalisis.

2.) Kemudian coba jawab contoh pertanyaan-pertanyaan di atas sesuai unsur bauran pemasaran tersebut.

3.) Cobalah bertanya “kenapa” dan “bagaimana jika” untuk men-test produk Anda. Misalnya, “kenapa target audience Anda butuh fitur produk Anda?” atau mungkin “bagaimana jika harga produk Anda diturunkan 5%?” bisa juga “bagaimana jika lebih banyak warna” atau “kenapa menjual melalui distributor, kenapa tidak jualan langsung saja?” atau “bagaimana jika berjualan melalui digital campaign” atau “kenapa harus membuat event”. Dan masih banyak pertanyaan yang bisa Anda ajukan.

4.) Setelah Anda mampu menyusun bauran pemasaran ini, cobalah test dengan mengadakan focus group discussion (FGD) dari kelompok konsumen yang Anda targetkan.

Tanyakan ke mereka beberapa pertanyaan ini. Tentang produk, apakah mereka bisa menerima produk atau jasa Anda? Tentang distribusi, apakah mereka bisa menemukan produk Anda? Tentang harga, berapa uang yang mereka guanakan untuk membeli produk atau jasa Anda? Tentang promosi, apakah mereka pernah lihat iklan Anda?

5.) Selain pertanyaan dasar tersebut, juga tanyakan pertanyaan sesuai kesulitan yang Anda alami. Setiap produk mempunyai kesulitan yang unik, jadi sekali lagi, ini adalah seni. Tidak ada rumus yang pasti.

6.) Review bauran pemasaran Anda secara rutin. Segera benahi jika ada sesuatu yang salah.

7.) Jika Anda ragu, tidak ada salahnya menghubungi para profesional untuk membantu bisnis Anda. Daripada boncos, lebih baik sedikit mengeluarkan uang ekstra untuk menggunakan jasa profesional.

Untuk profesional dalam bidang promosi atau branding, baik offline maupun online, hubungi NUPIX. Kunjungi website NUPIX untuk mengenal lebih dalam. Oya, lihat juga karya mereka di channel youtube NUPIX, klik di sini.

Share artikel ini jika dianggap bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *