BRAND TERPERCAYA ITU HARUS OTENTIK

Di dunia digital saat ini, makin susah saja mencari penjual atau brand terpercaya. Kalau kita googling, dengan mudah kita akan menemukan klaim-klaim para produsen yang menjajakan produknya. Saking banyaknya, bukannya membantu kita karena banyak pilihan, tapi justru membuat kita bingung.

Dalam kondisi begini, diperlukan kredibiltas dari pemilik brand. Anda perlu membangun kredibiltas brand yang Anda miliki. Dengan apa? Salah satunya dengan konten-konten digital Anda yang otentik dan bukan terlihat follower, termasuk konten video.

Lalu bagaimana cara membangunnya? Berikut ini ada beberapa tips untuk membangun kredibilitas brand Anda.

brand terpercaya

SAATNYA NGAJARIN BUKAN JUALAN

Penonton tertarik menonton konten video Anda bukan karena tertarik dengan jualan Anda, tapi tertarik dengan isi konten video Anda. Mungkin ada sih yang tertarik dengan jualan Anda, tapi itu bukan di video untuk membangun kredibilitas Anda.

Konten video kali ini haruslah menarik, informatif, menginspirasi dan yang pasti harus unik. Boleh sih kalau Anda mau jualan di video ini, tapi jangan terlalu hardsell. Kenapa? Karena tujuan video kali ini adalah membangun kredibilitas, bukan jualan langsung. Kredibilitas Anda sebagai pemilik brand akan susah dibangun jika Anda terlalu jualan. Bagaimana orang akan percaya dengan Anda jika sikap Anda lebih mirip salesman ketimbang seorang teman yang menasihati?

KUATKAN KLAIM ANDA

Sekali lagi, kredibilitas adalah kunci untuk membuat brand Anda terpercaya.

Jika ngobrolin untuk membuat konten video yang kredibel, maka penting sekali kita membangun sebuah argumen yang kuat. Argumen yang kuat bisa saja datang datang kutipan verifikasi atau data atau fakta dari pihak lain yang kompetensinya tidak diragukan. Sebuah survei dari Kentico menyebutkan bahwa 46% respondenmengatakan bahwa brand kehilangan kepercayaannya ketika tidak bisa diverifikasi dari sumber yang menyakinkan.

Juga harus diingat, bahwa verifikasi dari pihak luar tidak harus berbentuk data angka untuk konten video Anda. Ini bisa apa saja. Anda juga bisa kutipan interview para pakar, atau sebuah buku. Intinya ikutsertakan pihak independen untuk memperkuat argumen Anda, sehingga klaim brand Anda jauh lebih terpercaya dan kredibel.

BACA JUGA : BRANDING DENGAN KONTEN VIDEO LIFESTYLE

PERLAKUKAN SEJAJAR

Walaupun dalam konten video ini Anda mengajarkan sesuatu, tapi sebisanya Anda memposisikan diri sejajar dengan audience Anda. Tidak ada orang yang suka diajari oleh orang yang sok tahu, karenanya di sini posisi kita adalah berdiskusi, sama-sama sedang belajar. Dan konten video ini lebih seperti bahan diskusi dengan audience brand Anda.

Sebisa mungkin timbulkan conversation di konten video ini sehingga kita bisa meraih engagement audience yang lebih tinggi. Apalagi di dunia digital marketing, memungkinkan audience untuk langsung berkomentar, baik di platform Youtube, Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

Sebisa mungkin gunakan bahasa yang sesuai dengan target audience Anda. Selain lebih komunikatif dan dimengerti, ini akan memberikan image untuk brand Anda sebagai brand yang bersahabat dan benar-benar mengerti para konsumen. Mereka akan berpikir, “wah keren, brand ini berbicara seperti kita dan jelas bagian dari kita”.

JANGAN EGOIS

Ini mungkin adalah tips yang paling simpel, tapi jujur, ini seringkali susah sekali diikuti.

Untuk membuat konten video yang kredibel, buka mata dan telinga Anda lebar-lebar. Dengarkan apa aspirasi target audience Anda. Jangan egois, hanya membicarakan hal-hal yang Anda sukai saja. Bahas sesuatu yang menarik bagi target brand Anda.

Buka kesempatan selebar mungkin untuk audience Anda mengungkapkan pendapatnya, baik itu yang membangun ataupun yang buruk. Anda harus mendengarkan mereka. Tapi tentu saja, Anda juga harus bijak, mana yang harus Anda ikuti dan mana yang tak perlu diikuti.

Dari feedback audience ini, kita bisa membuat konten video yang lebih baik dan juga membuat produk atau jasa yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Untuk membuat konten dengan hasil profesional, Anda bisa hubungi NUPIX di 08179897961 (Faiz) atau kunjungi Youtube channel NUPIX di sini untuk melihat karya mereka.

Semoga tips-tips ini membantu Anda untuk membuat konten video yang membuat brand Anda lebih kredibel. Share artikel ini jika dianggap bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *