FILM DRAMA UNTUK MENCERITAKAN PERUSAHAAN

Menceritakan perusahaan dengan film drama ? Kenapa Tidak?

Sudah tidak bisa dipungkiri, kita semua sepakat bahwa komunikasi sangatlah penting dalam berbisnis, walaupun untuk sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis B2B, apalagi untuk perusahaan B2C. Paling tidak, sebuah perusahaan butuh untuk mengkomunikasikan visi serta misi, serangkaian servis atau produk unggulan yang ditawarkan, dan masih banyak lagi.

Tapi dengan landscape marketing yang kini begitu ‘noisy’, agak susah kita mencuri perhatian target market kita untuk sejenak berpaling ke kita. Terlalu ribut. Terlalu bising. Mungkin saja kita bisa berteriak lebih kencang sehingga mereka bisa menengok ke kita. Itu berarti kita akan lebih gencar beriklan dan nama perusahaan atau produk akan tampil lebih sering. Konsekuensinya jelas, akan memakan banyak biaya marketing.

Lalu apa yang bisa dilakukan?

Anda bisa mencoba membuat video tentang perusahaan Anda. Sebuah film drama yang menceritakan tentang perusahaan Anda dengan halus, dengan sebuah kerangka cerita layaknya sebuah film. Visi misi perusahaan bisa secara smooth masuk ke otak penonton. Kenapa?

Film Drama untuk perusahaan

Film drama adalah cara marketing yang lebih baik karena jauh lebih emosional sekaligus persuasif. Film drama mampu membuat kita terpengaruh dan menjadi influencer terbaik. Film drama mampu membuat kita bernostalgia. Film drama mampu membuat kita menangkap pesan kompleks. Sebuah cerita film yang bagus mampu mengkomunikasikan DNA brand atau perusahaan hanya dalam beberapa menit, dan tentu saja mampu mempersuasi penonton ke arah yang sesuai kita inginkan.

Film Untuk Patra Jasa

Memang ada perusahaan atau pun brand yang menggunakan film drama untuk branding? Tentu saja ada.

Di akhir tahun 2019, Nupix di bawah Perusahaan Film Negara (PFN) mendapatkan kepercayaan untuk membuat sebuah film pendek untuk Patra Jasa, anak perusahaan Pertamina. Patra Jasa ingin membuat sebuah film pendek yang nantinya akan ditayangkan di acara Topping Off Grha Pertamina, Jakarta dan juga ditayangkan secara digital.

Baca juga : Video Content : Format Impian Marketers Milenial

Saat itu, Patra Jasa bersama Wijaya Karya sedang mengerjakan sebuah proyek pembangun gedung Grha Pertamina di Gambir, Jakarta. Terdiri dari dua gedung berlantai 21 ditambah gedung parkir. Briefnya jelas, Patra Jasa ingin membuat sebuah film yang mengkomunikasikan kepedulian mereka untuk para pekerja proyek tersebut dalam bentuk beasiswa. Patra Jasa juga ingin bahwa talent atau pemeran film drama ini benar-benar seorang tukang bangunan dan juga keluarga. Bukan seorang talent profesional. Ini berarti sebuah tantangan untuk Nupix, membuat sebuah film dengan aktor seorang tukang bangunan dan keluarganya.

Nupix kemudian membuat sebuah cerita yang mengharu biru, menghadirkan Patra Jasa sebagai hero. Tanpa terlalu vulgar berpromosi, Patra Jasa berhasil menampilkan dirinya yang peduli dengan pekerjanya, bahkan di level terendah sekalipun.

Tak hanya Patra Jasa, film juga sering digunakan brand-brand besar seperti BMW, Coca-Cola, dan masih banyak lagi.

Sekarang, kenapa perusahaan Anda tidak memulai menggunakan pendekatan persuasif dengan menggunakan film drama? Jika Anda tertarik untuk membuat film drama yang menceritakan brand atau perusahaan dengan film cerita, Anda bisa menghubungi Nupix di 0818729729113 (Bayu Saksono).

Tunggu apalagi?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *