iPHONE 11 PRO DAN KEKUATAN BATERAINYA

Mohon maaf buat Anda yang akan membaca artikel untuk mencari spek Apple iPhone 11 Pro. Artikel ini tidak membahas hal tersebut. Artikel ini akan membahas cara cerdas Apple untuk pamer kekuatan baterai iPhone 11 Pro dalam video yang diupload di Youtube.

Kalau mau cari review smartphone ini, klik di sini aja.

iphone 11 pro

Pertamakali saya lihat, saya langsung berdecak kagum. Jujur, ini adalah cara komunikasi yang cukup jenius, stand out, original, kayaknya belum pernah dilakukan oleh orang lain.  Apple memang salah satu perusahaan yang selalu punya cara baru untuk branding. DNA nya sepertinya beneran sebagai pelopor. Kejeniusan Steve Job dalam berkomunikasi sepertinya menjadi ‘corporate culture’ di Apple, bahkan setelah bertahun-tahun kematiannya.

Ok, mari kita bahas video marketing ini.

Ini baru teasernya, bolehlah kalian lihat dulu…

KONSEP DAN MESSAGE

Dibandingkan smartphone lain, iPhone 11 Pro ini mempunyai kekuatan baterai yang luarbiasa untuk mendukung kualitas kamera yang memang sudah pro. Gak perlu kita jelaskan teknis kamera dan baterainya, Anda bisa googling saja. Di sini kita hanya akan bahas videonya.

Kekuatan superior baterai inilah yang kemudian menjadi message utama dari video marketing ini. Konsep videonya juga keren. Video iPhone 11 Pro ini shooting dengan menggunakan kamera di iPhone 11 Pro, bukan kamera SLR ataupun kamera lainnya. Bayangkan, sebuah video marketing sepanjang 5 jam lebih yang direkam dengan menggunakan kamera di smartphone, tanpa putus atau one continuous take video.

Teknik pengambilan gambar one continuous take tanpa putus selama berjam-jam ini belum apa-apa sudah mengundang decak kagum. Tentu saja ada ini ada maksudnya. Ini menunjukkan secara tersirat (namun sangat clear!) bahwa baterai iPhone 11 Pro mampu merekam hingga 5 jam, dan di akhir video ada statement yang bilang bahwa baterai masih tersisa 16%. Luar biasa bukan?

Video selama 5 jam itu isinya apa? Bosen gak ya?

Waduh, jangan tanyakan bosen apa enggak. Sudah pasti bosan. Tapi message yang disampaikan sangat clear dengan gaya yang sangat elegan. Gak perlu kita tonton seluruh video untuk paham messagenya, bahkan cukup lihat trailernya yang cuma beberap menit dan kemudian tumbnail video panjangnya di Youtube yang terlihat durasinya, kita bisa langsung paham messagenya.

Isi video iPhone 11 Pro ini apa sih?

Jujur, kalau isi video iPhone 11 Pro ini buat saya sekedarnya saja, tanpa mengurangi respek saya keindahan museum Hermitage tersebut. Isi videonya keindahan museum Hermitage, salah satu museum terbesar dan tertua di dunia. Lokasi sebesar dan seindah museum Hermitage ini dianggap mampu dishooting selama 5 jam tanpa henti.

Lihat sendiri videonya ya. Sampai lima jam juga gak papa…

Museum yang terletak di kota St. Petersburg, Rusia ini memang dikenal mempunyai koleksi seni komplit. Bahkan tidak akan selesai mengaguminya dalam satu hari kunjungan. Koleksi di museum ini diperkirakan mencapai sekitar tiga juta karya seni, yang berasal dari berbagai macam era dan ditempatkan di 350 ruangan panjang yang panjangnya mencapai 20 kilometer.

ENGAGEMENT VIDEO INI

Oke, kita sudah bahas konsep dan message video iPhone 11 Pro ini. Bagaimana dengan engagementnya? Sampai artikel ini saya tulis, video utama yang berdurasi 5 jam 19 menit 28 detik ini sudah ditonton sampai 889.570 kali dengan like hingga 17 ribu dalam waktu sekitar 4 bulan.

Sedangkan video official trailernya yang hanya berdurasi 1 menit 33 detik, mampu meraih view sebanyak 417.437 kali tonton dengan likes sebanyak 11ribu. Ini adalah capaian yang luar biasa.

Itu baru engagement yang bisa kita lihat di akun Youtube official Apple. Video itu membuat heboh komunitas seni di Eropa. Artnet.com menulis video ini sehari setelah Apple menguploadnya. Keesokan harinya giliran thisiscolossal.com yang menulisnya. Terus bergulir dari hari ke hari. iPhone 11 Pro mulai dibicarakan banyak orang hanya dalam beberapa hari saja, hanya dengan dua video Youtube saja.

APA PELAJARANNYA UNTUK BISNIS KITA?

Ada pelajaran yang bisa kita ambil untuk bisnis kita di sini. Melihat video iPhone 11 Pro ini, kita bisa melihat bahwa cukup satu message saja yang kita tampilkan dalam video marketing. Jangan terlalu banyak, satu saja sudah cukup. Tapi dari satu message ini kita sajikan dengan cara yang kreatif, sesuai dengan objective bisnis kita.

Sebelum bikin video, kita gali dulu produk kita. Apa kelebihannya? Apa yang membedakan dengan produk kompetitor? Apa kelebihan yang bisa kita jual dan konsumen mau membelinya? Kalau sudah ketemu, kita komunikasikan dalam video marketing seperti milik iPhone 11 Pro ini.

Setelah ketemu messagenya, baru cari cara elegan untuk membungkusnya. Di sini kita membutuhkan otak kreatif. Ada baiknya Anda menggunakan jasa profesional yang akan membungkus message Anda dalam bentuk video yang profesional. Anda bisa menghubungi NUPIX dan kunjungi websitenya di www.nupix.id untuk tahu semua layanan dan karya yang telah dibuat.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Di lain waktu kita akan bahas video marketing lainnya seperti video iPhone 11 Pro ini.

Share artikel ini jika dianggap bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

2 Responses

    1. Bener, bro. Sebenernya goal-nya bukan bikin orang nonton sampai selesai, tapi lebih ke pembuktian kekuatan baterainya aja. Message-nya itu doang sebenernya, walaupun cara ngomongnya gak literal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *