MANAJEMEN PEMASARAN, KITA BAHAS YUK!

Artikel ini membahas secara sekilas tentang manajemen pemasaran atau dalam Bahasa Inggris Marketing Management. Ini hanya sekilas karena memang banyak aspek yang bisa bahas lebih dalam. Mari kita mulai.

Sebelumnya, kita bahas dulu pemasaran atau marketing secara umum. Dalam pandangan tradisional, pasar atau market adalah tempat untuk pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli untuk saling menguntungkan keduanya. Saat ini, pemasaran adalah pertukaran nilai antara penjual dan pembeli.

Jadi bukan sekedar barang, tapi nilai atau value yang terkandung dalam barang tersebut. Nilai menyiratkan jumlah uang yang harus dibayar untuk membeli barang dan jasa yang dipertukarkan. Gampangnya, pembeli akan siap untuk membayar barang jika mereka memiliki nilai untuknya.

Jadi pemasaran berfungsi mengontrol tingkat dan komposisi permintaan di market. Artinya, pemasaran itu seharusnya bisa menciptakan dan mempertahankan permintaan produk atau jasa perusahaan.

Lalu apa manajemen pemasaran?

manajemen pemasaran

DEFINISI MANAJEMEN PEMASARAN

Ini definisinya. Manajemen pemasaran adalah “perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan implementasi program pemasaran, kebijakan, strategi dan taktik yang dirancang untuk menciptakan dan memenuhi permintaan penawaran produk atau layanan perusahaan sebagai cara untuk mendapatkan profit.”

Manajemen ini mempunyai banyak fungsi. Salah satunya berfungsi melakukan semua fungsi manajerial di bidang pemasaran, mengidentifikasi peluang pasar dan menghasilkan strategi yang tepat untuk mengeksplorasi peluang tersebut agar menguntungkan, mewujudkan program pemasaran dan rutin mengevaluasi bauran pemasaran atau marketing mix, menambah efisiensi dari penerapan marketing plan. Dan sudah seharusnya ini menjadi bagian dari sistem perusahaan secara umum.

Institute of Marketing Management, Inggris, mendefinisikan seperti ini, “manajemen pemasaran adalah manajemen kreatif yang mempromosikan pembelian dengan menilai kebutuhan konsumen, dan membuat riset dan pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Ini mengkoordinasikan sumber daya produksi dan distribusi, menentukan dan mengupayakan secara total untuk menjual dengan profit kepada konsumen”.

BACA JUGA : Video Content Format Impian Marketers Milenial

Sedangkan legenda marketing Philip Kotler dan Keller mendefinisikan sebagai berikut, “Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran dan cara mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan konsumen melalui menciptakan value, memberikan value, dan mengkomunikasikan superior value (keunggulan) ke konsumen”.

Dari definisi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Manajemen Pemasaran melibatkan:

  1. Menetapkan goals dan objective pemasaran yang ingin dicapai
  2. Mengembangkan marketing plan
  3. Mengorganisir semua fungsi marketing
  4. Melaksanakan marketing plan
  5. Mengontrol program pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah ilmu sekaligus seni. Orang yang bertanggung jawab untuk pemasaran harus memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai konsep dan praktik dalam pemasaran, komunikasi, dan keterampilan analitis dan kemampuan untuk mempertahankan hubungan yang efektif dengan konsumen. Ini membuat mereka lebih mudah untuk merencanakan dan melaksanakan marketing plan.

Manajemen pemasaran memerlukan pihak profesional untuk membantu mewujudkan marketing plan. Salah satunya adalah promosi. Anda butuh para profesional untuk membuat konten video dan juga material promosi lainnya. Bisa saja Anda membentuk tim kreatif sendiri, tapi jauh lebih praktis jika Anda menggunakan jasa profesional.

Jika Anda butuh profesional di bidang promosi, Anda bisa hubungi NUPIX di 08179897961 (Faiz) atau email ke faiz@nupix.id. Untuk mengetahui lebih jauh tentang NUPIX, silahkan kunjungi websitenya dengan klik di sini, dan lihat portfolionya di sini.

Share artikel ini jika bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *