MEMBUAT KONTEN YOUTUBE : APA YANG HARUS ANDA SIAPKAN?

Semua orang juga tahu, perkembangan pemasaran ala era 4.0 kini memandang penting aktifitas membuat konten youtube sebagai bagian dalam strategi pemasaran digital. Makin banyak brand besar yang mulai serius menggarap pemasaran digital karena mereka tahu masa depan bisnis kuncinya ada di pemasaran digital.

Bagaimana tidak, data menunjukkan bahwa lebih 50% konsumen menginginkan konten video dari brand-brand pilihan mereka. Sebagai pemasar era digital, Anda tentu tidak ingin kehilangan peluang untuk memanfaatkan kesempatan emas ini, bukan?

membuat konten youtube

Konten video marketing kini menjadi konten yang sangat krusial. Cisco memprediksi bahwa 82% traffic di dunia maya pada tahun 2021 adalah traffic yang mengakses konten video. Sebagaimana kita ketahui, hingga hari ini situs video yang paling mendunia adalah Youtube. Trafficnya luar biasa dan tentu saja ini bisa dimanfaatkan untuk membesarkan bisnis Anda. Maka tak mengherankan jika semua pemasar berlomba-lomba membuat konten youtube yang berkualitas, engaging sekaligus efektif menyampaikan pesan yang diinginkan.

Untuk membuat konten youtube yang berkualitas, ada bagusnya Anda menghubungi para kreator film profesional sekaligus tim kreatif yang sudah berpengalaman membungkus pesan marketing Anda, sehingga message bisa diterima oleh audience dengan baik.

Sebelum Anda menyerahkan pekerjaan ini ke para profesional, Anda sebagai pemasar sebaiknya mempertimbankan beberapa hal di bawah ini. Ini bertujuan agar terjadi sinkronisasi antara kedua belah pihak. Anda lebih paham tentang produk dan situasi bisnis yang melingkupinya, dan para kreator profesional ini lebih paham tentang cara membungkus pesan hingga hal-hal teknis membuat konten video. Biasanya akan terjadi diskusi yang intens antara kedua belah pihak sebelum konten video benar-benar diproduksi.

Mari kita bahas satu persatu.

MEMBUAT KONTEN YOUTUBE SESUAI BRAND OBJECTIVES

Sebelum membuat konten youtube, ada baiknya Anda mendefinisikan tujuan marketing atau brand objectives. Ini adalah sesuatu yang Anda harapkan dari kampanye konten video kali ini. Misalnya, mencari customer baru, atau mungkin membuat loyal customer lama? Atau mungkin yang lain, menghabiskan stok lama misalnya? Tentu akan beda sekali result konten video nantinya. Definisikan juga message yang hendak Anda sampaikan ke target audience. Tentu saja message harus sesuai dengan brand objective ya.

Berdasarkan brand objective atau tujuan Anda membuat konten youtube ini, maka Anda bisa memilih jenis konten video yang akan diproduksi. Misalkan, jika Anda punya objective untuk menggaet customer baru, maka Anda bisa membuat konten youtube yang memperkenalkan produk Anda atau juga solusi yang Anda tawarkan dari permasalahan konsumen.

Jika objective Anda menggaet leads atau meraih prospek, Anda dapat membuat konten youtube yang spesifik membahas masalah yang konsumen alami, atau latar belakang masalah konsumen, atau profil produk yang ditawarkan dan sebagainya. Tapi sebisa mungkin, jangan hanya Anda penuhi konten video Anda dengan segudang informasi tanpa memikirkan sisi ‘entertainment’. Tentu konten video ini akan sangat membosankan dan pada akhirnya konsumen tidak akan melihat konten video ini hingga tuntas. Rugi kan?

Yang harus diingat, walaupun kita mempunyai objective yang sama dengan kompetitor atau pun produk yang mirip, bukan berarti konten video yang kita produksi akan sama atau pun mirip caranya. Anda bisa berkreasi seluas-luasnya, asalkan objective dari konten video ini berhasil dicapai.

TAHAPAN KONSUMEN

Selain brand objective, Anda sebagai pemasar juga harus mempertimbangkan di mana konsumen Anda dalam ‘consumer journey’-nya. Jika Anda mempunyai content marketing yang bagus, hal ini sangat dipertimbangkan dalam membuat konten video untuk brand Anda, mengikuti tahapan dalam ‘funnel marketing’. Kapan-kapan, kita bahas masalah funnel marketing di artikel lain ya.

Ini saya coba membahas sekilas saja ya. Di stage pertama ketika goalnya adalah awareness, Anda bisa membuat konten video berisi tentang problem yang dihadapi konsumen, yang kemudian Anda tawarkan solusinya. Atau Anda juga bisa membuat konten youtube yang menunjukkan komitmen brand, atau bisa juga konten video event dan juga konten video interview, bisa para ahli bisa juga konsumen yang sudah memakainya.

Setelah brand Anda sudah cukup terekspos, saatnya masuk ke stage kedua. Kini saatnya membuat konten youtube yang membangun reputasi brand Anda. Di stage ini Anda bisa membuat konten youtube yang lebih banyak informasi, seperti video tutorial, infografik, dan sebagainya. Anda harus menunjukkan bahwa brand Anda menciptakan value bagi para konsumennya.

Dan akhirnya, di stage terakhir Anda bisa membuat konten youtube yang membuat konsumen segera membuat keputusan. Mungkin Anda bisa memproduksi konten video explainers atau mungkin konten video sebuah studi kasus. Intinya konten video ini harus mendorong dengan keras konsumen untuk segera memutuskan pembelian.

Baca Juga : KONTEN VIDEO UNTUK BRANDING

Nah, sudah tahu kan apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membuat konten video untuk brand Anda? Jika masih pusing, Anda bisa diskusi dan membuat konten video dengan kami. Silahkan hubungi NUPIX di hello@nupix.id atau wa/telp di 08179897961 (Faiz). Anda juga bisa mengunjungi website NUPIX di sini. Kami akan senang hati membantu brand Anda untuk mencapai tujuan marketing Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *