PEMASARAN ADALAH USAHA UNTUK MENJUAL

Walau kita sering mendengar istilah pemasaran, kita masih sering bingung definisi pemasaran. Secara garis besar, kita bisa bilang bahwa pemasaran adalah serangkaian aktifitas yang membuat sebuah produk ataupun jasa kita bisa terjual, walau kadang tidak secara instan.

Artikel ini akan menjelaskan hal-hal basic yang perlu kita ketahui tentang pemasaran. Jadi kita tidak akan membahas berbagai teori yang

terlalu njelimet. Mari kita mulai.

pemasaran adalah

Dalam Bahasa Inggris, pemasaran adalah marketing. Tidak ada bedanya. Hanya masalah bahasa saja. Pemasaran adalah serangkaian kegiatan dalam rangka menjual. Ingat ya, serangkaian, bukan hanya satu kegiatan saja. Mulai membuat nama brand, menentukan harga, mendistribusikan produk hingga mempromosikan produk. Intinya, pemasaran adalah usaha untuk terjadinya penjualan.

Langsung kita ke contoh saja ya. Biar kita bisa lebih mudah memahaminya.

Ali punya rencana bisnis untuk memproduksi sebuah produk sambal yang dikemas. Ali kemudian mencari resep pembuatan yang paling pas, mencoba semua variabel komposisi bahan hingga kemudian dirasa pas.

Ali kemudian memberikan tester ke beberapa orang dan kemudian mendengarkan pendapat mereka. Jika dirasa ada yang belum pas, Ali kemudian mengubah lagi resepnya hingga produk sambalnya memuaskan banyak orang. Ali bisa dianggap mulai melakukan aktifitas pemasaran. Pemasaran adalah membangun keunggulan produk, agar produk tersebut nanti laku dijual.

Setelah dirasa pas, Ali kemudian mulai survei melihat harga-harga para kompetitor dibandingkan dengan kualitasnya. Ali kemudian menentukan harga terbaik, ini juga aktifitas pemasaran.

BACA JUGA : VIDEO MARKETING APA ITU?

Setelah produk siap diproduksi dan harga sudah ditentukan, Ali kemudian mulai memikirkan jalur distribusi. Produk sambel ini mau dijual dimana? Di perkotaan atau perdesaan? Menggunakan jalur seperti apa, melalui dropship atau perusahaan distributor? Ali juga kemudian mendesain strategi distribusinya.

Ali kemudian juga mulai memikirkan nama produk tersebut alias brand. Pemasaran adalah membangun brand. Memikirkan sejak awal, dari nama yang catchy, kemasan yang menarik, hingga cara berkomunikasi dan promosi. Pemasaran tidak bisa lepas dari branding.

Secara garis besar, ada beberapa strategi pemasaran yang sering digunakan. Mulai dari direct selling, earned media, point of purchase dan internet marketing.

DIRECT SELLING

Penjualan langsung atau direct selling adalah strategi pemasaran di mana panjual menjual langsung produknya kepada konsumennya. Tidak melalui perantara atau pun media, ataupun di toko retail. Langsung dari produsen ke konsumen.

Kegiatan seperti ini yang paling sering adalah pemasaran door to door. Pemasaran strategi ini sangat mengandalkan kemampuan persuasif dari para staf marketingnya.

EARNED MEDIA

Berbeda dengan strategi direct selling yang langsung, strategi ini dilakukan dengan tidak langsung melakukan penjualan. Anda bisa menjual produk dengan menggunakan media massa. Pasang iklan yang tepat, jadikan brand Anda berkibar, dan biarkan konsumen yang mencari produk Anda. Anda tak perlu repot-repot menjual secara persuasif.

POINT OF PURCHASE

Strategi jenis ini sangat tergantung dengan jaringan distribusi produk Anda. Salah satunya adalah melakukan branding toko-toko retail. Tujuannya agar penjualan produk Anda di toko tersebut naik. Tak hanya branding, juga bisa kasih diskon, hadiah dan sebagainya.

INTERNET MARKETING

Internet marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup dikenal dan dilakukan oleh banyak pelaku usaha pada saat ini. Caranya yang mudah dan cepat membuat strategi ini banyak dipilih. Selain itu, media sosial yang menjadi pilihan juga banyak seperti Instagram, Facebook, website, email marketing dan banyak lagi yang lain. Jenis strategi pemasaran ini akan berjalan dengan lancar jika Anda dapat membuat konten yang menarik pembeli.

BACA JUGA : KONTEN VIDEO UNTUK BRANDING

Itulah sekilas tentang pemasaran. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, Anda bisa gali lagi. Artikel ini benar-benar hanyalah sebuah pengantar, yang seharusnya sangat mudah dipahami, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Jika Anda ingin membuat konten untuk mendukung pemasaran brand Anda, silahkan hubungin NUPIX di 08179897961 atau email ke faiz@nupix.id. Untuk mengetahui lebih dalam NUPIX, silahkan klik di sini.

Share artikel ini jika Anda anggap bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *