PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN

Dalam berbisnis sudah pasti kita sering mendengarkan istilah memerlukan manajemen pemasaran. Tapi apa sih pengertian manajemen pemasaran itu? Berikut ini adalah pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli.

Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Philip Kotler

Philip Kotler menjelaskan Pengertian Manajemen Pemasaran sebagai berikut, “adalah sebuah proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan, serta mengawasi program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

pengertian manajemen pemasaran

Di dalam manajemen pemasaran ini ada kegiatan menganalisa, merencanakan, melaksanakan dan mengawasi. Semua kegiatan itu mempunyai tujuan yang jelas, sesuai dengan tujuan perusahaan. Biasanya sih, tujuannya untuk meraih profit atau memperbesar market share.

Pengertian manajemen pemasaran ini dikeluarkan Philip Kotler dalam buku yang berjudul Marketing Management yang pertamakali diterbitkan pada tahun 1967. Tak hanya satu definisi saja, ternyata Philip Kotler memperbarui definisinya.

Manajemen pemasaran diartikan sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Jadi manajemen pemasaran adalah gabungan seni dan sains. Karena ini seni, tidak ada rumus pasti untuk sukses. Ada banyak sekali improvisasi yang harus lakukan dalam manajemen pemasaran. Intuisi harus dilatih dengan pengalaman tanpa harus meninggalkan sain atau akal sehat.

Philip Kotler adalah legenda dunia pemasaran. Banyak buku tentang pemasaran yang pernah dia tulis, dan banyak pula yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Banyak buku marketing dengan ide baru ditulis pria kelahiran Chicago 7 Agustus 1931 ini. Mulai dari textbook, sampai buku-buku praktis. Harian Financial Time menobatkannya sebagai ”Most Influential Business Writer or Management Guru”. Sampai sekarang Philip Kotler masih aktif menulis tentang pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran menurut William J. Stanton

pengertian menajemen pemasaranPengertian manajemen pemasaran menurut William J. Stanton adalah sebuah sistem keseluruhan kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan produk, menentukan harga, merancang promosi, serta melakukan distribusi barang atau jasa yang dapat memuaskan konsumen.

 

Pengertian manajemen pemasaran ala Stanton sangat identik dengan bauran pemasaran 4p yang terkenal. William J. Stanton adalah profesor pemasaran di Universitas Colorado-Boulder. Ia menerima gelar PhD dalam bidang pemasaran dari Northwestern University, di mana ia terpilih menjadi Beta Gamma Sigma. Dia telah bekerja di bisnis dan telah mengajar di beberapa program pengembangan manajemen untuk eksekutif pemasaran.

 

 

 

 

 

Pengertian menurut American Marketing Association

Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

pengertian manajemen pemasaran

American Marketing Association adalah komunitas yang cukup penting bagi pemasar di Amerika Serikat. Pada tahun 1953, Neil Borden mengubah dunia bisnis ketika dia mengartikulasikan strategi “Bauran Pemasaran” dalam pidato presiden AMA-nya. Borden hanyalah salah satu dari banyak pemimpin AMA yang tidak puas dengan penerapan marketing saat itu. Para pemikir bisnis utama ini mencari jawaban yang akan mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan peran pemasaran.

Saat ini, AMA memimpin diskusi tentang keunggulan pemasaran. Melanjutkan dalam tradisi Borden dan banyak lainnya, AMA menawarkan topik yang berbeda, dengan fokus pada perbandingan antara Best Versus Next Practices ™.

Dengan topik yang berasal dari jurnal ilmiah populer seperti Journal of Marketing, atau publikasi pemenang penghargaan, seperti Marketing News, AMA menawarkan perspektif kuat dalam memahami pemasaran. Diharapkan memberikan solusi untuk hari ini dan solusi untuk besok.

BACA JUGA : VIDEO MARKETING APA ITU?

Jika Anda dalam berbisnis memerlukan konten video dan juga konten lainnya yang memerlukan kreatifitas, segera hubungi para profesional untuk melakukannya. Salah satunya adalah NUPIX. Kalau penasaran sama portfolio NUPIX, silahkan cek di Youtube Channel NUPIX di sini.

Share jika artikel ini bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *