STRATEGI PEMASARAN DAN DEFINISINYA

Strategi pemasaran adalah bagian dari pemasaran. Di artikel ini kita akan membahas definisi strategi pemasaran. Mari kita simak. Kalau artikel ini dianggap bermanfaat, silahkan dishare.

Sebagaimana kita ketahui, pemasaran adalah hal penting dari suatu perusahaan. Tanpa pemasaran, hanya ada sedikit konsumen, dan itu berarti sedikit pula profit yang didapat. Nah, dalam melakukan pemasaran tersebut kita memerlukan strategi.

Lalu apa itu strategi pemasaran?

DEFINISI

Strategi pemasaran terkait langsung dengan rencana keseluruhan bisnis dan tidak dapat terpisahkan. Ini merupakan senjata utama untuk meraih konsumen yang akan mendatangkan profit bagi perusahaan.

strategi pemasaran

Strategi ini berisi value propotion (nilai manfaat) yang dimiliki perusahaan, pesan brand utama, data demografi target konsumen dan berbagai info penting lainnya.

Ini ada beberapa definisi dari para ahli. Definisi dari Tjiptono berikut ini, “Strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang dirancang atau direncanakan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dengan melakukan pengembangan keunggulan bersaing yang berkesinambungan lewat pasar yang dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani pasar sasarannya.”

Sedangkan definisi menurut Philip Kotler seperti ini, “Strategi pemasaran merupakan pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan, bisa mengenai startegi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran.”

APA BEDANYA STRATEGI PEMASARAN DENGAN MARKETING PLAN

Kadang kita suka bingung dengan perbedaan tentang keduanya. Gak usah bingung. Strategi pemasaran mencakup pada “apa” yang harus Anda lakukan? Misalnya Anda harus menginformasikan pada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan dan juga faktor yang membedakan produk dan jasa yang Anda tawarkan dengan produk dan jasa lainnya.

Pada marketing plan Anda akan menguraikan “bagaimana” cara melakukan strategi marketing tersebut. Misalnya dengan membangun kampanye pemasaran dan promosi yang akan mencapai apa yang Anda tuliskan dalam strategi Anda.

BACA JUGA : TAHAPAN PRODUKSI VIDEO

Gampangnya, marketing plan itu yang akan mewujudkan strategi marketing dalam sebuah action yang nyata. Marketing plan memuat detil rinci kegiatan pemasaran yang akan dilakukan perusahaan, mungkin juga berisi berbagai inisiatif pemasaran.

Soal marketing plan, nanti kita bahas di artikel lain ya. Kita balik lagi ke strategi marketing.

Strategi yang dirancang dengan hati-hati, sudah seharusnya secara berakar pada proposisi nilai perusahaan. Ini mencakup keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan dari para pesaing. Misalnya, sebuah perusahaan retail yang secara luas dikenal sebagai pengecer diskon dengan “harga murah setiap hari,” ya sudah seharusnya mempunyai operasional bisnis dan pemasaran yang tak jauh dari gagasan itu.

Ini kemudian diimplementasikan dalam semua desain iklan cetak, brosur, spanduk hingga digital campaign, iklan tv, radio dan semua upaya pemasaran. Jangan lari dari keunggulan  tersebut. Semua harus integrated.

Untuk mewujudkan integrated marketing communication seperti itu, ada baiknya Anda menggunakan jasa para profesional. Akan sangat merepotkan jika Anda harus me-manage satu tim kreatif untuk pekerjaan tersebut. Anda butuh pihak profesional yang independen, yang mampu menilai desain dan karya kreatif secara obyektif.

Jika Anda membutuhkan para profesional, Anda bisa menghubungi NUPIX di 08179897961 (Faiz) dan email faiz@nupix.id. Atau Anda bisa kunjungi website NUPIX di sini. Atau lihat karya mereka di Youtube Channel milik NUPIX di sini.

Share artikel ini jika dianggap bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *