BRAND AWARENESS DAN CARA MEMBANGUNNYA

Untuk membangun bisnis, brand awareness itu sangat penting dan tidak bisa dianggap sepele. Di artikel kali ini, saya ingin membahas berbagai jenis video konten yang berguna untuk membangun brand awareness bisnis Anda.

brand awareness

Tapi sebelum membahas jenis video, ada baiknya kita ketahui dulu definisi brand awareness. Apa itu brand awareness? Brand awareness atau arti dalam bahasa Indonesia adalah kesadaran merek. Brand awareness adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat konsumen mengenal sebuah brand. Mempromosikan produk atau mengenalkan merek adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan kesadaran merek.

Idealnya, brand awareness itu mencakup persepsi kualitas yang membedakan produk dari para pesaingnya. Brand yang mempertahankan brand awareness yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Pasalnya, konsumen lebih banyak yang membeli produk dari merek yang terkenal daripada yang tak mereka ketahui.

BACA JUGA : BRANDING DENGAN KONTEN VIDEO LIFESTYLE

Bisa disimpulkan brand awareness itu kunci penting dalam proses pembelian. Tidak sekedar mengenal nama brand bisnis Anda, tapi juga pembeli juga harus punya persepsi tentang kualitas produk Anda yang positif.

Dan cara yang paling mudah untuk menaikkan brand awareness dengan cepat adalah melalui konten video. Format audio visual ini memudahkan kita untuk membuat konten berkualitas dan kreatif, yang punya kemampuan mengonversi lebih baik jika dibandingkan dengan jenis konten lainnya.

Sebelum membuat konten video, ada baiknya kita bahas 3 aspek yang harus kita pertimbangkan untuk membuat video yang mampu menaikkan brand awareness.

CERITAKAN SEPERTI APA BRAND ANDA?

Ketika Anda berkenalan dengan seseorang saat pertama kalinya, Anda akan menceritakan siapa Anda. Mungkin latarbelakang keluarga Anda, bisa juga pendidikan Anda, kota di mana Anda dibesarkan, bagaimana perjalanan karir Anda dan sebagainya.

Begitu juga dengan brand Anda ketika berkenalan dengan konsumen. Brand harus memperkenalkan dirinya, mungkin bisa menceritakan latarbelakang, atau menceritakan filosofi, dan masih banyak lagi. Dan format yang paling pas adalah format video.

Dengan memanfaatkan semua kelebihan format ini, brand mampu menunjukkan kepribadian brand sekaligus menciptakan kesan yang mendalam pada konsumen. Apa yang Anda gambarkan dalam video tersebut, adalah persepsi yang akan tertancap dalam benak konsumen. Karenanya penting sekali untuk membuat video yang berkualitas.

Konsumen Anda mungkin tidak punya waktu dan malas untuk membaca teks panjang yang menjelaskan kelebihan brand Anda serta segala macam tetek-bengeknya. Konsumen bosan. Tapi dengan format video, Anda dapat menjelaskan hal tersebut dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami.

Jangan lupa, alasan brand melakukan komunikasi ke konsumen bertujuan membuat koneksi yang kuat dan saling percaya. Pastikan brand tidak over promise dan cukup menyenangkan bagi konsumen yang ditarget.

VIDEO DAN GOOGLING

Tahukah Anda, ternyata konten video membuat website kita memiliki rangking lebih tinggi di search engine Google. Artinya, konsumen lebih banyak terpapar video daripada membaca artikel. Kebanyakan konsumen akan lebih memilih penjelasan dalam format video ketimbang format artikel.

Video juga cukup mudah dishare di sosial media, sehingga kemungkinan viral jauh lebih besar. Akhirnya, rangking website juga lebih cepat naik. Pelajari selera konsumen Anda, kenali mereka sedalam-dalamnya, kemudian buat konten video untuk menaikkan brand awareness.

MAU PAKAI PLATFORM APA?

Anda sudah tahu, saat ini hanya mengandalkan website untuk awareness adalah tindakan konyol. Brand Anda harus hadir di platform para konsumen itu hadir. Brand harus aktif menemui konsumen. Datangi mereka dan berkomunikasilah.

BACA JUGA : APA YANG HARUS ANDA SIAPKAN UNTUK MRMBUAT KONTEN YOUTUBE?

Untuk melihat di mana konsumen brand kita sering ‘nongkrong’ di platform, Anda harus melakukan riset. Ada banyak platform yang ramai, salah satunya adalah Youtube, Facebook, Instagram, Twitter dan sebaginya.

Buat konten video ini sesuai dengan karakteristik masing-masing platform. Kemudian jadwalkan uploadnya dengan cermat. Buat content plan yang baik dan terencana. Jangan lupa selalu lakukan evaluasi. Jangan takut untuk bereksperimen.

Jika Anda ingin membuat konten video untuk menaikkan brand awareness dengan kualitas profesional, segera hubungi NUPIX di 0817989761 (Faiz) atau email ke hello@nupix.id. Anda juga bisa mengunjungi website NUPIX, klik di sini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *