VIDEO COMPANY PROFILE KENAPA TIDAK?

Kita seringkali melihat video company profile yang menceritakan sebuah profil sebuah perusahaan, baik yang menceritakan perusahaan kelas kakap atau pun perusahaan yang masih kelas UMKM. Video itu biasanya menceritakan tentang kelebihan, komitmen, atau informasi apapun dalam perusahaan tersebut. Jika video tersebut disajikan dengan baik, dengan gambar yang sempurna, dengan informasi yang jelas, dengan treatment yang tepat, kita sebagai penonton akan menaruh rasa respect terhadap perusahaan itu.

Tapi sebelum membahas lebih jauh lagi, tidak ada salahnya kita menyimak definisi company profile terlebih dahulu. Apa sih sebenarnya company profile itu? Walaupun kita sering mendengar frasa kata itu, tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui definisi company profile.

video company profile

Company profile adalah produk tulisan para praktisi PR (bisa divisi marcomm) yang berisi gambaran umum dari suatu perusahaan. Tulisan? Ya, tulisan. Pada awalnya company profile hanya berbentuk tulisan dan kemudian menjadi buku. Namun dengan berkembangnya zaman, maka format company profile pun beragam. Bisa buku, website dan juga video. Dalam tulisan ini kita hanya fokus membahas lebih video company profile.

Gambaran perusahaan dalam video company profile ini tidak sepenuhnya lengkap, detail dan mendalam. Perusahaan bisa memilih poin-poin apa saja yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publik. Bahkan banyak perusahaan yang membuat video khusus untuk beberapa segment publik, misalkan company profile khusus untuk para investor, atau bisa juga company profile khusus untuk ibu-ibu perkotaan.

Tentu saja treatment video company profile untuk investor dan untuk para ibu-ibu akan sangat berbeda. Untuk para investor tentu akan membawa pesan yang menjanjikan investasi menguntungkan, memperlihatkan sikap-sikap profesional, dan banyak lagi. Sedangkan video yang ditujukan ibu-ibu mungkin membawa pesan komitmen membuat produk yang aman untuk keluarga dan sebagainya. Semua tergantung dengan objective yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.

Baca juga : KENAPA HARUS MEMBUAT VIDEO COMPANY PROFILE?

FUNGSI VIDEO COMPANY PROFILE

Lalu, apa sebenarnya fungsi video company profile itu? Itu adalah pertanyaan yang banyak menghinggapi para newbie marketing communication dalam perusahaan. Baiklah, kita bahas satu persatu.

VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI REPRESENTASI PERUSAHAAN

Video Company Profile adalah gambaran umum tentang sebuah perusahaan. Video ini mewakili perusahaan sehingga publik tidak perlu susah payah mencari informasi tentang perusahaan. Video ini juga seringkali digunakan untuk membentuk citra perusahaan. Ada yang ingin memperlihatkan kebesaran bisnisnya, ada yang ingin menunjukkan komitmen kuatnya, ada yang ingin menonjolkan budaya perusahaan yang luar biasa, banyak juga perusahaan yang ingin menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Perusahaan ingin membentuk citra ke publik, dan format representasi perusahaan yang paling efektif adalah video tentang perusahaan Anda.

VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MARKETING TOOL

Video Company Profile juga seringkali dijadikan sebagai salah satu marketing tool. Biasanya ini digunakan oleh perusahaan yang bersifat B2B atau Bussiness to Bussiness. Tapi juga kadang perusahaan B2C (Bussiness to Consumer) juga menggunakan video company profile untuk menjaring investor, distributor dan sebagainya.

Video yang menceritakan kelebihan perusahaan Anda bisa Anda gunakan untuk melengkapi komunikasi lisan demi terciptanya mutual understanding. Biasanya diputar ketika presentasi di hadapan pihak lain, demi menyakinkan betapa ‘kerennya’ perusahaannya. Mengungkapkan ‘betapa kerennya’ ini tidak mungkin dihadirkan dengan data-data ‘garing’ yang sangat membosankan, walaupun data-data tersebut bukanlah data fiktif dan sangat luarbiasa angkanya. Akan sangat menyakinkan jika data-data tersebut dikemas dalam video yang cantik dan mengundang decak kagum para audiens presentasi tersebut. Dan akhirnya, di akhir presentasi, mereka akan yakin dengan perusahaan tersebut.

VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PERUSAHAAN TERBUKA

Video company profile juga bisa digunakan sebagai informasi tentang perusahaan yang terdaftar dalam listing bursa efek. Sebagaimana kita ketahui, sebagai perusahaan terbuka yang sebagian sahamnya dimiliki oleh publik, perusahaan tersebut harus terbuka dan mengkomunikasikan kondisi perusahaan.

Video yang menceritakan perusahaan mampu melakukan tugas tersebut. Jika dikemas dengan baik, mampu mengkomunikasikan banyak informasi ke publik, mulai dari visi misi, komitmen, rencana bisnis, kondisi keungan hingga berbagai prestasinya, sekaligus membentuk sebuah citra korporat yang positif. Publik kemudian akan mempersepsikan bahwa perusahaan ini sehat, menguntungkan dan bonafid, sehingga harga saham perusahaan tersebut bisa terus naik dan tentu saja pemilik saham akan tenang dengan investasinya.

VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI PUBLIKASI DALAM CSR

Sebuah perusahaan dengan ketentuan tertentu, diwajibkan untuk mengeluarkan dana CSR (Corporate Social Responbility). Sebuah video yang informatif juga sering dijadikan pembawa pesan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan perusahaan dalam menyalurkan dana CSR-nya. Kita sering melihat video jenis ini bersliweran di sosial media ataupun di media konvensional seperti tv.

Video jenis ini akan menunjukkan kepada publik, betapa perusahaan sangat ‘care’ dengan masyarakat, konsumen dan juga bangsa. Ini biasanya akan menimbulkan rasa ‘respect’ dari publik.

APA SAJA YANG DIANGKAT DALAM VIDEO COMPANY PROFILE?

Sebenarnya isi message dalam video sangat tergantung dengan objective yang ingin diraih. Berikut ini message yang sering digunakan dalam video. Kita bisa menggunakan satu message, bisa juga dikombinasikan dengan message lainnya. Mari kita bahas satu persatu message video company profile.

IDENTITAS UTAMA PERUSAHAAN ANDA

Video company profile sudah selayaknya mengangkat identitas utama perusahaan, terutama perusahaan yang belum terlalu besar atau terkenal. Publik masih belum mengetahui perusahaan bergerak di bidang apa. Perbankan? Retail? Atau apa? Atau juga perusahaan memproduksi produk apa? Biasanya video seperti ini digunakan oleh perusahaan yang tidak terkenal namun mempunyai produk yang cukup terkenal.

Format video yang terdiri dari dari unsur visual dan audio, akan dengan mudah menggiring audiens menangkap message sekaligus mulai tumbuh bonding antara perusahaan dengan publik.

BUDAYA PERUSAHAAN

Perusahaan bisa menggunakan video company profile untuk memperkenalkan budaya perusahaannya yang luar biasa ke publik. Sebagaimana kita ketahui, publik akan sangat menghargai perusahaan jika mempunyai budaya kerja dalam perusahaan yang bagus.

Perusahaan bisa menampilkan budaya profesional karyawannya, terus mencari jalan untuk menghasilkan produk terbaik misalnya. Publik akan menilai bahwa produk perusahaan tersebut adalah produk terbaik. Contohnya adalah Apple, produsen gadget yang kini mendunia. Atau mungkin perusahaan digital seperti Facebook atau Google yang mempunyai budaya kerja jauh dari formalitas namun jenius dan profesional.

LATAR BELAKANG PERUSAHAAN YANG MENARIK

Jika mempunyai latar belakang atau cerita di balik bisnis perusahaan yang menarik, bisa juga dijadikan message dari video company profile. Misalkan, sebuah perusahaan yang didirikan dengan memanfaatkan bahan baku daur ulang, dengan komitmen penuh menjaga kelestarian lingkungan. Latar belakang seperti ini cukup menarik dan sudah sangat layak untuk dijadikan message dalam video seperti ini.

Tak hanya cerita di belakang bisnis, video juga bisa mengangkat berbagai prestasi yang diraih perusahaan. Misalkan, sebuah perusahaan kecil yang mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan yang berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan. Hal-hal seperti ini perlu diangkat oleh perusahaan untuk membentuk citra positif di mata publik. Jangan lupa, jika perusahaan dianggap ‘keren’ oleh publik, publik pun akan memberi dukungan berupa penjualan atau perkembangan bisnis yang kotinyu.

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Kadangkala, menyampaikan visi dan misi sebuah perusahaan itu adalah hal membosankan. Tapi jika diolah dengan baik, perusahaan mampu menyajikan sebuah video menarik dengan message visi misi perusahaan.

Publik perlu tahu visi misi perusahaan karena segala langkah dan kegiatan perusahaan berdasarkan visi misi perusahaan tersebut. Dasar filosofi apa yang menggerakkan perusahaan? Seperti apa cita-citanya ke depan? Sederet kata yang tertuang dalam visi dan misi perusahaan bisa diolah lagi dengan sangat menarik, seperti yang terlihat dalam video milik Apple di bawah ini.

SEJARAH PERUSAHAAN

Jika perusahaan mempunyai perjalanan panjang penuh liku, tidak ada salahnya disajikan sebagai message dalam sebuah video. Apalagi jika sejarah ini kemudian mempunyai akhir cerita yang menyenangkan, sebuah ‘happy ending’ di dalam sebuah ‘true story’ perusahaan. Tentu ini sangat menarik bagi publik untuk mengetahuinya.

Sebuah perusahaan yang memproduksi minuman beralkohol bernama Johny Walker, memproduksi sebuah video dengan message sejarah perusahaan. Dikemas sangat menarik dan sangat tidak biasa. Hasilnya pun juga luar biasa.

Sebenarnya isi video di atas, bukanlah sebuah pakem. Perusahaan masih bisa membuat video sesuai kebutuhan. Bisa saja video perusahaan Anda berisi tentang sistem jalur distribusi yang luar biasa, perencanaan bisnis di masa datang yang inovatif, laporan keuangan perusahaan (annual report) yang outstanding dan membanggakan, dan lain sebagainya.

Kembali lagi, semuanya tergantung dengan objective yang ingin dicapai dengan video company profile. Untuk Anda yang ingin membuat video company profile, Anda bisa menghubungi NUPIX.ID di nomor telp/WA 08179897961 (Faiz) atau email ke faiz@nupix.id.

Semoga informasi ini cukup membantu. Share seluas-luasnya jika dirasa bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *