VIDEO MARKETING APA ITU?

Sebelum kita membahas definisi video marketing, ada baiknya kita bahas tentang marketing atau pemasaran dulu. Kita semua tahu bahwa penjualan adalah hal utama dalam bisnis, apapun bidang bisnisnya. Karena dari penjualan tersebut, perusahaan akan mendapatkan profit yang menjadi tujuan utama. Tanpa penjualan, mustahil sebuah perusahaan akan eksis.

Nah, marketing atau pemasaran inilah yang bertanggung jawab atas kinerja perusahaan tersebut. Artinya, jika perusahaan itu ingin terus eksis dan berkembang, maka bidang marketing tidak bisa disepelekan. Dengan marketing perusahaan memperkenalkan produk dan membuat publik mengkonsumsi produk tersebut. Ini juga berlaku di sebuah perusahaan jasa.

video marketing

Dunia marketing sendiri kini sudah terbelah menjadi dua bagian, yaitu marketing offline dan marketing online atau digital. Keduanya ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jika Anda pintar memadukan keduanya, bukan hal yang mustahil perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

Mari kita fokus ke marketing digital, yang makin hari makin penting dan sulit diabaikan. Dalam marketing digital ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan, seperti Content Marketing, SEO (Search Engine Optimization), Paid Search Marketing, Big Data Analytic, Marketing Automation, Mobile Marketing, Social Media Marketing, dan masih banyak lagi.

Intinya, digital marketing itu jauh lebih luas dan menantang dibandingkan marketing offline atau konvensional. Strategi content marketing dan social media marketing cukup banyak digunakan oleh para marketers jaman now, dan mereka seringkali mengandalkan konten dalam format video dalam menaklukan persaingan sengit di dunia digital.

Lalu apa itu Video Marketing?

Video Marketing adalah penggunaan medium berformat video untuk melakukan aktifitas marketing, digunakan sebagai konten. Ada berbagai macam bentuk video untuk keperluan marketing ini, mulai dari video testimoni konsumen, video live event, video tutorial, video explainer, video training untuk karyawan, video company profile bahkan kini juga banyak yang menggunakan web series, sebuah drama series yang cukup menghibur dan digemari netizen.

Lalu kenapa Anda harus fokus dan serius membuat video marketing?

Ada beberapa alasan yang membuat konten video ini dianggap efektif sebagai cara marketing, salah satunya adalah :

VIDEO MARKETING MENARIK TRAFFIC

Pada tahun 2019, diperkirakan konten dalam format video mampu menarik traffic lebih dari 80%. Kita bisa lihat bagaimana besarnya traffic yang diperoleh Youtube yang cuma mempunyai konten video saja.

VIDEO MARKETING MENAIKKAN CTR

Jika kita menambahkan konten video dalam email yang dikirim ke prospek customer, ternyata menurut riset bisa menaikkan CTR atau Click Through Rate hingga 300%. Apa itu CTR? CTR adalah jumlah pengunjung yang mengklik tautan ke halaman situs Anda.

VIDEO MAMPU MENAIKKAN KONVERSI

Jika landing page website Anda sudah Anda sematkan sebuah video, itu sangat bagus buat bisnis Anda. Karena ternyata dengan adanya konten berformat video di landing page Anda, terbukti mampu menaikkan konversi penjualan hingga 80%. Tak heran jika akhirnya ada 87% marketer online yang mengandalkan konten video dalam strategi marketing digitalnya.

VIDEO MAMPU MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELANJA

Ada sekitar 90% konsumen yang mengaku bahwa konten video bisa mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan belanja. Kemudian ada 64% konsumen mengaku semakin tertarik membeli sebuah produk secara online setelah melihat videonya.

KONTEN VIDEO MASIH TERUS BERKEMBANG

Youtube melansir sebuah data yang menyebutkan bahwa jumlah konsumsi netizen untuk melihat video terus bertambah dari tahun ke tahun hingga mencapai 100% setiap tahun.

Baca Juga : FILM DRAMA UNTUK MENCERITAKAN PERUSAHAAN

Setelah melihat alasan-alasan tersebut, mungkin saatnya Anda untuk memasukkan konten konten video dalam strategi marketing Anda. Jika Anda ingin membuat video dengan hasil profesional, jangan sungkan untuk hubungi hello@nupix.id atau WA/telp 08179897961 (Faiz). Untuk mengetahui siapa NUPIX, silahkan klik di sini. Kami akan senang hati mendatangi kantor Anda, walaupun hanya sekedar ngobrol.

Share artikel ini jika dianggap bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Marhan F. Faiz

Marhan F. Faiz

Copywriter/Co-Founder NUPIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *